Kamijara Rempah Yang Paling Sering Kita Jumpai Pada Masakan Khas Indonesia

irwan slawi
By -
0


Kabar Irwan ( Opini ) 

Kamijara atau Serai termasuk rempah yang paling sering digunakan pada masakan khas Indonesia.

Keberadaan serai dapat menambah cita rasa pada masakan, ternyata juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat.

Baca Juga : https://kabarirwan.blogspot.com/2023/12/tokoh-lintas-agama-pimpin-doa-bersama.html 

Serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. serta mengandung senyawa khas tanaman atau fitonutrien yang tak kalah penting.

Dari berbagai sumber yang diperoleh, serai juga memiliki manfaat untuk kesehatan Beri, adalah beberapa diantaranya

Serai mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, seperti quercetin dan rutin.  

Antioksidan ini, berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker.

Selain itu, Manfaat batang serai yang ditumbuk dan didiamkan beberapa saat dapat membantu mengusir nyamuk.

Minyak esensial pada serai mengandung geranial, geraniol, neral, dan citronellol yang memberikan aroma khas yang mengganggu penciuman nyamuk. Akhirnya, nyamuk pun menjauh dan tidak menggigit manusia. 

Khasiat akar serai membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Peneliti menduga manfaat ini berasal dari senyawa saponin, sterol, dan fenolik yang bisa menurunkan kadar lemak di dalam darah berlebih.

Manfaat serai lainnya, yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. 

Manfaat teh serai juga dapat melancarkan buang air kecil. Khasiat ini berasal dari kandungan fitonutrien bernama citral.

Manfaat daun serai bisa mengurangi risiko infeksi karena bersifat antimikroba.  Daun ini mengandung minyak esensial yang bisa melawan bakteri dan jamur, seperti Bacillus cereus, Escherichia coliP. aeruginosa, Klebsiella pneumoniae, Candida albicans, and Staphylococcus aureus

Manfaat ini berasal dari senyawa fenol, aldehida, dan citral. Menghambat bakteri dan jamur di atas menurunkan risiko infeksi kulit menular, pencernaan, hingga infeksi saluran kencing (ISK).

Khasiat sereh membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Menghirup minyak esensial pada serai mengandung senyawa geraniol dan linalool yang bisa mengaktifkan gelombang alfa. 

Gelombang ini membuat Anda rileks, memejamkan mata lebih cepat, dan terasa kantuk.  

Tak hanya teh chamomile, khasiat teh sereh juga bisa menenangkan pikiran. Mencium aroma serai akan bisa melemaskan otot dan saraf pusat. Efeknya, Anda pun lebih tenang.

Aroma ini berasal dari kandungan fitonutrien lonalol, geraniol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, psimen, limonen, cisosimen, terpinol, sitronelal, borneol, dan farsenol.

Aroma serai akan mengaktifkan gelombang alfa di otak yang membuat Anda lebih rileks.

Manfaat serai dapat menimbulkan efek diuretik, yaitu merangsang organ ginjal untuk meningkatkan produksi urine dari biasanya. Efek ini bermanfaat saat perut begah akibat sindrom prahaid.

Buang air kecil ternyata bisa membuang kadar natrium berlebih yang memicu hipertensi. Jadi, tekanan darah pun dapat terkendali. Selain itu, pijat dengan minyak aromaterapi sereh juga menenangkan tubuh dan berpotensi berefek pada penurunan tekanan darah.

Baca Juga : https://kabarirwan.blogspot.com/2023/12/pemilu-2024-netralitas-asn-kembali.html

Manfaat serai juga berpotensi mencegah kenaikan gula darah berlebih. Manfaat ini berasal dari kandungan citronellal

Nyeri adalah salah satu tanda adanya peradangan di dalam tubuh. Sebagai makanan anti-inflamasi, serai mengandung senyawa citral membantu mengurangi peradangan. Selain itu, beberapa studi juga mencatat bahwa teh serai bersifat karminatif, yaitu mengurangi perut kembung. Kandungan citronellal pada serai juga memberikan efek meredakan rasa sakit. ( *** ) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)